Minggu, Maret 29, 2009

Windows XP mu menjadi MAC

Boring degan tampilan standar windows xp? Anda dapat mengganti tampilan atau theme menjadi mac. Seperti yang kita tahu, sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface (tampilan pengguna yang berbentuk grafis) dimana pada waktu itu sistem operasi masih berbasis teks. Sebagai pelopor dalam tampilan grafis, sistem operasi Macintosh memiliki tampilan grafis yang sangat memikat dibandingkan sistem operasi Windows.

Untuk membuat tampilan Mac Os X dibutuhkan 2 program tambahan.
1. Style XP. Program ini ada program utama yang harus dinstall. Program ini berguna untuk membuat jendela Windows menjadi jendela Mac OS X. Setelah menginstall program ini maka tombol Maximize, Minimize, Close, serta Start berubah menjadi tampilan Mac OS X.


2. Object Dock. Program ini berguna untuk membuat icon-icon yang terletak di bawah. Icon-icon akan mempercepat membuka program-program yang sering digunakan.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall program Style XP. Klik ganda program StyleXPInstall yang berada di folder PC to Mac.
Setelah itu Anda akan melihat Licence Agreement, yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol I Agree. Pada akhir instalasi Anda akan menemukan kotak dialog yang merekomendasikan Theme Panther untuk diaplikasikan. Pilih Yes karena theme inilah yang akan merubah tampilan Windows Anda menjadi tampilan Mac OS X. Jika Anda tanpa sengaja mengklik No, Anda bisa mengubahnya pada pilihan Themes.
Untuk mempercantik tampilan pada desktop maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

1. Pilih Explorer Bar lalu pilih iCandy Jr dan tekan tombol Apply Explorer Bar agar icon-icon yang ada pada Explorer Bar menjadi menarik

2. Pilih Logons lalu pilih Chronos dan tekan Apply Logon agar tampilan Log on windows berubah seperti gambar di bawah ini.

3. Klik Icons dan pilih XP-iCandy dan tekan Apply Icons serta klik OK untuk mengubah icon-icon windows.

4. Klik Screen Savers dan pilih Euphoria dan tekan Apply Screen Saver agar tampilan screen saver menjadi menarik. Anda bisa memilih yang lain sesuai dengan selera Anda.


Saat ini tampilan window Anda sudah menyerupai tampilan window Mac OS X, namun letak taskbar masih berada di bawah. Supaya lebih menyerupai Mac maka pindahkan letak taskbar ke atas dengan cara :

1. Klik kanan pada gambar Apel dan pilih Properties. Gambar Apel sebenarnya sama dengan tombol Start pada windows.




2. Pilih tab Taskbar lalu matikan pilihan Lock the taskbar karena kita akan memindahkan taskbar ke atas.



3. Klik tombol Apply lalu pindahkan taskbar ke atas dengan mengklik dan menariknya ke atas.


4. Setelah taskbar berada di atas aktifkan kembali pilihan Lock the taskbar lalu tekan tombol OK. Hal ini dilakukan supaya taskbar tidak berpindah tempat tanpa disengaja.

Sekarang Anda akan menginstall program kedua untuk membuat icon-icon yang terletak di bawah desktop. Installah program Object Dock dengan mengklik ganda program objectdock_freeware yang ada pada folder PC to Mac.

Setelah itu Anda akan menemukan kotak dialog License Agreement, pilih I Agree dan klik tombol Next. Tekan Next lagi. Centang kotak pilihan Launch ObjectDock dan tekan tombol Finish. Secara default tampilan Object Dock berada di atas dan hal ini sangat menganggu karena taskbar telah kita letakkan di atas, lagipula dalam Mac OS X tampilan Object Dock seharusnya berada di bawah karena itu kita akan melakukan beberapa konfigurasi supaya hasilnya seperti yang kita inginkan.

1. Langkah pertama adalah meletakkan Object Dock ke bawah hal ini dilakukan dengan menekan icon Configure Dock lalu pada tab Appearance pilih Bottom pada kotak pilihan Position on Screen dan beri centang pada kotak pilihan Load ObjectDock on startup agar setiap kali booting program ini muncul di desktop lalu diakhiri dengan menekan tombol OK.

2. Kira-kira tampilan awal akan seperti berikut :

3. Untuk membuang icon-icon yang tidak dibutuhkan adalah dengan menarik icon tersebut keluar kotak. Misalnya Anda dapat membuang icon Weather Information (icon ketiga dari kiri) dengan meng-drag icon ini ke atas. Anda akan melihat animasi icon tersebut terbakar lenyap.

4. Selanjutnya untuk membuat icon-icon dalam dock ini ada dua cara yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah dengan meng-drag icon-icon program yang ada di desktop ke atas dock. Taruhlah icon tersebut secara berurutan sesuai dengan kriteria program misalnya program-program office ditaruh berdekatan dan sebagainya. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan menu. Hal ini dilakukan jika tidak ada icon program pada desktop. Caranya dengan mengklik icon Configure Dock dan pilih menu Create | New Shortcut maka akan muncul kotak dialog Dock Item Properties (Shortcut). Langkah pertama adalah dengan mencari program yang ingin dibuat iconnya yaitu dengan cara mengklik tombol Browse.

Langkah kedua adalah dengan memberi nama program pada kotak isian Title, hal ini perlu dilakukan karena seringkali setelah Anda mencari program yang diinginkan, title yang diberikan tidak sesuai nama program atau kurang jelas misalnya program PowerPoint yang dipilih maka title yang diberikan adalah POWERPNT. Tentu saja hal ini akan membingungkan karena itu lebih baik Anda mengetik Power Point sebagai nama programnya. Langkah ketiga adalah langkah optional dan dapat Anda lakukan bila pilihan tampilan icon yang diberikan tidak menarik atau tidak sesuai maka yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol Change Image. Pilihlah icon-icon yang telah disediakan dan bila perlu Anda bisa memilih gambar icon dari koleksi icon yang Anda miliki dengan menekan tombol Browse dan arahkan pada folder yang berisi icon yang Anda ingin gunakan. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol OK.



5. Atur kembali posisi icon-icon yang telah Anda buat sesuai kelompoknya karena biasanya icon yang baru dibuat diletakkan pada posisi paling kanan.

6. Selain itu Anda bisa menganti property dari sebuah icon dengan cara mengklik kanan icon tersebut dan memilih Dock Entry Properties… Misalnya dalam kasus ini icon program Word sudah benar namun kata yang muncul ketika kita mengarahkan mouse pada icon tersebut adalah WINWORD padahal kita menginginkan Word maka untuk mengubahnya adalah dengan mengklik kanan icon tersebut dan memilih Dock Entry Properties. Selanjutnya ubah title menjadi Word lalu tekan tombol OK.


7. Setelah membuat icon-icon program yang sering digunakan maka Anda bisa menghapus seluruh icon yang ada di desktop kecuali icon Recycle Bin.

Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar