Minggu, Maret 15, 2009

Sekilas Tentang Blog Kroyokan

Bosan dengan gaya penulisan yang monoton dalam blog Anda? Tidak sempat update blog?. Dua masalah itu sebenarnya tidak perlu terjadi bila Anda membuat blog “keroyokan”.

Yang dimaksud blog “keroyokan” ini adalah sebuah blog yang ditulis oleh beberapa orang. Biasanya antarpenulis blog memiliki satu visi yang sama, baik ditinjau dari tema, latar belakang, dan lain-lain.

Kesamaan ini perlu agar jelas tujuan dari blog “keroyokan” atau yang juga biasa disebut Kolaborasi Blog ini nantinya. Disadari ataupun tidak, antarinsan selalu memiliki gaya yang berbeda dalam menulis. Perbedaan itu tidak menjadi suatu masalah dalam blog “keroyokan” ini, malahan hal ini dapat memberikan ciri khas tersendiri dari blog. Ya, intinya menyatukan keberagaman menjadi sebuah keindahan. Inilah yang membuat blog tidak monoton.

Makin banyak penulis tentunya pembaruan blog akan menjadi pekerjaan mudah. Coba Anda bayangkan bila penulis blog lima orang, hanya perlu enam kali posting tiap orang/bulan untuk memberikan kesan blog diperbarui setiap hari.
Membuat satu blog keroyokan bisa saja dengan menggunakan account blogger dot com yang sudah ada (pernah dibuat) atau juga dengan membuat account baru. Jika menggunakan account yang sudah ada maka kita menggunakan fasilitas multiply blog dari blogger dot com, yakni satu account dengan blog lebih dari satu. Hal ini memudahkan kita dalam mengelolanya, karena dengan beberapa blog yang dimiliki, hanya perlu login
dengan satu account.

Akan Dibutuhkan satu Admin dan beberapa Author untuk membangun sebuah blog keroyokan. Admin adalah orang atau blogger yang memegang kendali akses secara menyeluruh dari blog keroyokan yang dibuat. Sang admin ini yang akan melakukan setting seperti menambah (invite) orang-orang atau blogger-blogger lain yang akan dilibatkan dalam proyek blog keroyokan tersebut atau merubah tampilan (template) dan akses setting
lainnya.

Sedangkan Author atau blogger-blogger yang diinvite admin hanya mempunyai akses memposting, mengedit dan menghapus tulisannya masing-masing.

2 komentar:

ajeng mengatakan...

Asyik sih, lebih beragam juga. Tapi blog model keroyokan gini kesannya jadi gak personal lagi..

bisnisway mengatakan...

seru juga kyknya

Poskan Komentar