Minggu, Maret 15, 2009

Asal Usul Blog

Di era globalisasi ini tentu banyak dari anda sekalian sangat familiar dengan istilah blog. Setiap harinya di Indonesia lebih dari 1000 member baru mendaftar blog dengan berbagai macam tujuan, seperti blog sebagai media curhat alias curahan hati sampai dengan media mencari uang di internet. Tetapi pernahkah anda berfikir tentang asal usul blog? Siapa yang mempopulerkan istilah blog?

Blog adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah “weblog” untuk menyebut kelompok website pribadi. Orang yang membuat atau mengisi halaman-halaman blog
disebut blogger. Website adalah ‘lokasi-lokasi web’ atau lokasi-lokasi layanan informasi di internet yang memungkinkan setiap orang membukanya selama 24 jam per hari.

Sebenarnya website juga tidak hanya dikembangkan oleh organisasi/lembaga atau perusahaan karena perorangan (biasanya orang-orang terkenal) juga membuat website pribadi. Weblog menjadi populer sebagai website pribadi karena bisa dimiliki siapa saja, dengan adanya kemudahan untuk membuatnya (telah tersedia disain template) dan fasilitas gratis di internet. Sementara website harus dikembangkan oleh seorang ahli perancang
web (web master).

Berbeda dengan website biasa, kita tidak harus membayar biaya server tempat kita “menitipkan” blog kita. Dewasa ini sudah banyak server yang melayani pembuatan blog dan pengembangan blog secara gratis. Yang dibutuhkan hanya biaya sewa warnet, belajar terbiasa menggunakan komputer dan internet, bisa menulis sederhana, punya kemauan keras untuk belajar, dan yang paling penting adalah menikmati kegiatan ini.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa blog adalah website tentang diri pribadi kita. Melalui media internet setiap orang bisa mengakses blog kita setiap saat. Kita bisa “mengintip” isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari pencipta/pemilik blog. Dalam blog, kita bisa menulis siapa diri kita, apa saja yang kita sukai, dan apa yang kita pikirkan. Apa saja. Tidak ada yang bisa membatasi gagasan dan pikiran kita. Selain informasi pribadi, kita juga bisa membuat blog tematik. Sekarang sudah banyak orang membuat blog-blog tentang
pendidikan, tentang seni budaya, tentang politik, promosi usaha, dan lain-lain. Jika kita ingin mempromosikan usaha, kita bisa membuat blog berjudul “Usaha Sayuran Organik”, “Usaha Pecel Lele”, dan seterusnya.

Siapa pun bisa membuka website dan weblog untuk mencari informasi yang tersedia dengan ‘mesin pencari’ (search engine) kata/informasi seperti Google, Yahoo, Alta Vista, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar