Senin, April 06, 2009

Letak Komentar di Bawah Posting

Beberapa jam setelah rudee blog melakukan operasi plastik alias ganti template,hee.. saya cermati kembali bentuk dari template baru ini. Pertama tama lihat bagian header, wah.. harus ganti image nih, sip! nanti desain ulang ah, sekalian belajar photoshop.. Bagian kolom, sepertinya tidak masalah, Footer no problem. Kemudian saya cek bagian ruang posting. Judul posting beres, label sip, isi posting rebes, bagian komentar..kox masih kayak gini? wah, ternyata bagian bawah isi dari posting kan seharusnya langsung ada form komentarnya (untuk kebanyakan beta template baru). Ternyata template ini defaultnya belum seperti itu, form komentar masih menyerupai pop up menu. Sehingga membuat rumit para sahabat yang ingin berkomentar di blog saya ini.

Tanpa pikir panjang, saya langsung gogling, pertama saya dapet tutorial di blog kang rohman, tetapi panjang banget dan kelihatan rumit.Belum lagi ketika saya coba tahap awal pencarian html <span class='post-comment-link'> ternyata tidak ada di source saya. Kemudian saya buka tutorial tempate o-om, sangat simple dan berhasil ketika saya save template. Tetapi ketika di buka ternyata, tampilan form komentar saya tidak berubah sama sekali

Kemudian saya googling lagi, dan masuk ke tutorialnya bang noval, tutorial milik bang noval sama persih dengan tutorialnya miliki o-om, tetapi pada langkah akhir, ditambahi kode html lagi. Dan alhamdulilah saya sukses mempraktekkan tutorial milik bang novel tersebut.

Berikut Tutorialnya Merubah Letak Komentar di Bawah Posting
Untuk mempunyai sistem komentar ini yang pertama harus dilakukan ialah, anda harus login ke http://draft.blogger.com/ kemudian Settings > Comments . Maka anda akan menemukan seting “Show comments in a popup window?” telah digantikan dengan menu seting “Comment Form Placement”. Yang perlu dilakukan ialah mengklik “Embedded below post,” lalu save, ini contoh gambarnya:


1. Ke edit html, lalu klik “expand widget template anda”.
Temukan ini:
<p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </p>
Lalu ganti dengan ini:
<p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>
Save template anda.
Preview blog teman, apabila belum muncul juga seperti punya saya dulu, maka tambahkan ikuti langkah dibawah ini.
Cari kode ini.
<b:include data='post' name='comments' />
Setelah kode di atas, masukan kode berikut:
<b:include data='post' name='comment-form'/>
Kemudian save template anda, dan lihat pastilah tiap posting anda sekarang sudah mempunyai kolom komentar yang terintregasi di setiap halaman posting blogspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar